Aplikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP)

Dari WikiBatam
Lompat ke: navigasi, cari


Latar Belakang

Sesuai dengan visi dan misi Kota Batam, pembangunan infrastruktur terus dilakukan. Disamping sumber daya manusia yang handal dan berkualitas, peningkatan infrastruktur perkotaan, pengelolaan lingkungan hingga mewujudkan fasilitas publik yang nyaman menjadi prioritas pembangunan Kota Batam yang digagas oleh Pemerintah Kota Batam agar dapat menjadikan Kota Batam sebagai kota yang ramah wisata sehingga mampu meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Batam.

Namun Pemerintah Kota Batam menyadari, mimpi besar menjadikan Kota Batam sebagai kota Metropolitan sejati tidaklah mampu mengandalkan pembiayaan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Batam saja. Diperlukan terobosan-terobosan pendanaan lainnya yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 2 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP). Peran Pemerintah Kota Batam adalah sebagai fasilitator antara perusahaan dan komunitas atau kelompok masyarakat yang memerlukan pendanaan dalam merealisasikan program-program yang didanai melalui program TSP serta melakukan program pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program tersebut.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Batam mengajak kepada pihak swasta, perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta berbagai bidang usaha lainya di Kota Batam melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) yang dimiliki untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi, bersinergi bersama membangun Kota Batam sejalan dengan rencana pembangunan tahunan dan jangka menengah Kota Batam.

Dengan partisipasi dan kontribusi program TSP dari pihak swasta, perbankan , Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta berbagai bidang usaha lainnya di Kota Batam dapat memacu upaya percepatan pembenahan dan pembangunan Kota Batam sekaligus menstimulus sektor lain untuk turut berperan mewujudkan Kota Batam sebagai BANDAR DUNIA MADANI YANG BERDAYA SAING, MAJU, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT.


Dasar Hukum

  1. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TH 2007 PASAL 74 TENTANG PERSEROAN TERBATAS
  2. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TH 2007 PASAL 15,17 & 34 TENTANG PENANAMAN MODAL
  3. PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2016 TENTANG TANGGUNG JAWAB SOSIAL BADAN USAHA DALAM PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL
  4. PERATURAN DAERAH KOTA BATAM NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
  5. PERATURAN WALIKOTA BATAM NOMOR 18 TAHUN 2017 TENTANG PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Deskripsi Aplikasi

Deskripsi Singkat Tentang Aplikasi

Aplikasi TSP (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) merupakan program pemerintah yang dikhususkan kepada perusahaan yang hendak berpartisipasi untuk ikut serta menjalankan program pemerintah melalui CSR.

Pengembangan

Versi 2017

Teknologi

Aplikasi TSP dikembangkan dengan

Web Based:

  1. Bahasa Pemrograman PHP
  2. Client Side Materialize Css
  3. Database MySQL versi 5.7

Aplikasi ini sudah dirilis pada tahun 2017 dan digunakan hingga sekarang.

Fitur

Fitur yang ada pada TSP adalah :

  • Form Pendaftaran Mitra TSP
  • Login Admin untuk mengatur dan mengolah aplikasi TSP

Tim Pengembang

Aplikasi TSP dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, dengan menggunakan tenaga ahli:

  1. Alfatha Dhiki Pahlefi (Senior Programer)
  2. Randi Perdana Arman (Junior Programer)
  3. Muhammad Haris Cahyo Fitradi (Multimedia)

Pengguna Aplikasi dan Ruang Lingkupnya

No Pengguna Ruang Lingkup


1 Perusahaan (User) Melakukan pengajuan CSR.
2 Administrator TSP Mengecheck pengajuan yang telah dilakukan perusahaan dalam mengajukan CSR.

Alur Kerja

Alur Kerja Apekesah

Penggunaan Aplikasi

Aplikasi telah di gunakan sejak tahun 2017 dan saat ini Tim Tenaga Ahli Dinas Komunikasi dan Informatika sedang melakukan pembaharuan tampilan.


Galeri

Tautan